Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPNegeri 31 Padang

Dewi, Andam (2017) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPNegeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ANDAM_DEWI_1300839_1245_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Ketiga, menjelaskan hubungan keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VIISMP Negeri 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017, yaitu 272 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 15% dari populasi, yaitu 40 orang siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman sebagai variabel bebas (variabel X) dan keterampilan menulis teks deskripsi sebagai variabel terikat (variabel Y). Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 81,00. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata 78,23. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang pada taraf kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan n-1, yaitu thitung > ttabel (2,09>1,68) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:51
Last Modified: 21 Nov 2018 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19650

Actions (login required)

View Item View Item