Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperatif Integrated Reading and Composition terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri I Padang Gelugur Kabupaten Pasaman

Rawi, Ahmad (2017) Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperatif Integrated Reading and Composition terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri I Padang Gelugur Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_AHMAD_RAWI_1200890_1429_2017.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri I Padang Gelugur Kabupaten Pasaman sebelum menggunakan metode pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperatif Integrated Reading and Composition yang selanjutnya akan disebutkan dengan CIRC. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri I Padang Gelugur Kabupaten Pasaman sesudah menggunakan metode pembelajaran CIRC. Ketiga, mendeskripsikan efektivitas metode pembelajaran CIRC terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri I Padang Gelugur Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) dan menggunakan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design atau rancangan satu kelompok. Jumlah populasi penelitian adalah 239 siswa kelas IX SMP Negeri I Padang Gelugur Kabupaten Pasaman, namun untuk jumlah sampel diambil satu kelas yaitu kelas IX.I yang berjumlah 31 siswa. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Data penelitian ini adalah hasil tes keterampilan menulis cerpen siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Pretest) dan sesudah menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Posttest) siswa kelas IX SMP Negeri I Padang Gelugur Kabupaten Pasaman. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui efektivitas metode kooperatif CIRC terhadap pembelajaran keterampilan menulis cerpen. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis cerpen sebelum menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC siswa kelas IX SMP Negeri I Padang Gelugur Kabupaten Pasaman berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 63,31. Kedua, keterampilan menulis cerpen sesudah menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe CIRC siswa kelas IX SMP Negeri I Padang Gelugur Kabupaten Pasaman berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 82,79. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf siginifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = n - 2 karena thitung > ttabel (3,22>1,70). Dengan kata lain, penerapan metode pembelajaran kooperatif CIRC meningkatkan nilai keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri I Padang Gelugur Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:51
Last Modified: 21 Nov 2018 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19648

Actions (login required)

View Item View Item