Pengaruh Teknik Think Pair Share Berbasis Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII MTsN Balingka

Fauziyah, Adilah (2017) Pengaruh Teknik Think Pair Share Berbasis Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII MTsN Balingka. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ADILAH_FAUZIYAH_1300804_950_2017.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII MTsN Balingka sebelum menggunakan teknik think pair share berbasis model problem based learning. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII MTsN Balingka sesudah menggunakan teknik think pair share berbasis model problem based learning. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh teknik think pair share berbasis model problem based learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII MTsN Balingka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang keterampilan menulis teks eksposisi dan teknik think pair shareberbasis model problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan one group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Balingka yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 150 orang yang tersebar dalam dalam lima kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.5 dengan jumlah 33 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII MTsN Balingka sebelum menggunakan teknik think pair share berbasis model problem based learning berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan ratarata 63,58. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII MTsN Balingka sesudah menggunakan teknik think pair share berbasis model problem based learning berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 74,36. Ketiga, penggunaan teknik think pair share berbasis model problem based learning berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII MTsN Balingka. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa teknik think pair share berbasis model problem based learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis keterampilan teks eksposisi siswa kelas VIII MTsN Balingka. Dengan demikian, teknik think pair share berbasis model problem based learning cocok diterapkan dalam keterampilan menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:51
Last Modified: 21 Nov 2018 03:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19647

Actions (login required)

View Item View Item