Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Kelentukan Pinggang Terhadap Kemampuan Smash Atlet Bolavoli Putra Pasaman Junior Kabupaten Pasaman

Putri, Mutia Listiana (2018) Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Kelentukan Pinggang Terhadap Kemampuan Smash Atlet Bolavoli Putra Pasaman Junior Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MUTIA_LISTIANA_PUTRI_14087233_4080_2018.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah daya ledak otot tungkai dan kelentukan pinggang memberikan kontribusi terhadap Kemampuan Smash Atlet Bolavoli Putra Pasaman Junior Kabupaten Pasaman. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dimana data-data yang diperoleh dari lapangan ditransformasikan ke dalam angka-angka sehingga dapat dilakukan perhitungan statistik. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu Atlet Bolavoli Putra Pasaman Junior Kabupaten Pasaman yang berjumlah 26 orang. Sampel dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variabel. Untuk mengukur daya ledak otot tungkai dengan instrumen vertical jump dan untuk mengukur kelentukan pinggang menggunakan flexiometer, dan untuk mengukur kemampuan smash menggunakan tes smash normal. Data dianalisis dengan teknik analisis korelasi sederhana dan dilanjutkan dengan korelasi ganda koefisien determinasi. Data hasil penelitian di analisis dengan menunjukkan bahwa hipotesis pertama daya ledak otot tungkai memberikan kontribusi sebesar 42,22% terhadap Kemampuan Smash Atlet Bolavoli Putra Pasaman Junior Kabupaten Pasaman. Kedua kelentukan pinggangmemberikan kontribusi sebesar 20,64% terhadap Kemampuan Smash Atlet Bolavoli Putra Pasaman Junior Kabupaten Pasaman. Ketiga daya ledak otot tungkai dan kelentukan pinggang bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 54,54% terhadap Kemampuan Smash Atlet Bolavoli Putra Pasaman Junior Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Nov 2018 03:50
Last Modified: 21 Nov 2018 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19635

Actions (login required)

View Item View Item