Hubungan Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Penjasorkes di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Koto XITarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Utama, Rezky Dedi (2018) Hubungan Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Penjasorkes di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Koto XITarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_REZKY_DEDI_UTAMA_1303162_4109_2018.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran penjasorkes di SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar tersebut, diantaranya adalah perhatian orang tua dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran penjasorkes di SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII yang berjumlah 172 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Dengan demikian jumlah sampel didalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap kedua variabel. Untuk mengukur hubungan perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa menggunakan angket. Sedangkan hasil belajar diperoleh dari nilai rapor siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan menunjukkan bahwa hipotesis pertama terdapat hubungan perhatian orang tua terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan oleh thitung sebesar 10,82 dan ttabel 2,024, karena thitung lebih besar daripada ttabel maka hipotesis pertama diterima. Hipotesis kedua terdapat hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan oleh thitung sebesar 4,717 dan ttabel 2,024, karena thitung lebih besar daripada ttabel maka hipotesis kedua diterima. Sedangkan hipotesis ketiga terdapat hubungan perhatian orang tua, motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar penjasorkes. Hal ini dibuktikan oleh fhitung sebesar 924,622 dan ftabel sebesar 3,251. Karena fhitung lebih besar daripada ftabel maka hipotesis ketiga diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:16
Last Modified: 16 Nov 2018 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19611

Actions (login required)

View Item View Item