Tinjuan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Padang

Setiawan, Randi (2018) Tinjuan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RANDI_SETIAWAN_55844_4126_2018.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi yang penulis lakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Padang, terlihat kurang disiplinnya siswa dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes, tidak serius, tidak bersemangat, kurang tekun, serta siswa lebih banyak duduk dan tidak mengikuti proses pembelajaran menurut semestinya. Hal ini diduga karena kurangnya motivasi siswa, baik yang datang dari dalam diri (intrinsik) maupun dari luar (ekstrinsik), metode dan pengamatan kepala sekolah terhadap pembelajaran penjasorkes, strategi pembelajaran, pengetahuan dan kemampuan guru dalam mengajar serta lingkungan belajar yang kondisif, tenang dan nyaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sekaligus mendeskripsikan tentang tinjauan motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas VIII putra dan putri di SMP Negeri 22 Padang”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripfif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Padang yang berjumlah 205. Sampel diambil dengan teknik Proportional Random Sampling, dengan demikian diperoleh sampel sebanyak 40 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Data yang diambil dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa motivasi instrinsik siswa putra diperoleh tingkat capaian sebesar 81,36% dan berada pada interprestasi motivasinya yaitu “Sangat Kuat”. Motivasi ekstrinsik siswa putra diperoleh tingkat capaian sebesar 75,91% dan berada pada interprestasi motivasinya yaitu “Kuat”. Motivasi instrinsik siswa putri diperoleh tingkat capaian sebesar 70,91% dan berada pada interprestasi motivasinya yaitu “Kuat”. Motivasi ekstrinsik siswa putri diperoleh tingkat capaian sebesar 74,55% dan berada pada interprestasi motivasinya yaitu “Kuat”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:16
Last Modified: 16 Nov 2018 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19607

Actions (login required)

View Item View Item