Kontribusi Kelincahan dan Kecepatan Terhadap Kemampuan Dribbling Atlet Sepabola SSB PSPS Surantih Kabupaten Pesisir Selatan

Putra, Miki Eka (2018) Kontribusi Kelincahan dan Kecepatan Terhadap Kemampuan Dribbling Atlet Sepabola SSB PSPS Surantih Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MIKI_EKA_PUTRA_1104537_4249_2018.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan dribbling yang dilakukan oleh atlet sepakbola SSB PSPS Surantih Kabupaten Pesisir Selatan masih belum baik, banyak faktor yang menyebabkannya diantaranya adalah kelincahan dan kecepatan yang dimiliki atlet tersebut . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelincahan dan kecepatan serta kontribusinya terhadap kemampuan dribbling atlet sepakbola SSB PSPS Surantih Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh atlet sepakbola SSB PSPS Surantih Kabupaten Pesisir Selatan yaitu berjumlah sebanyak 114 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan demikian jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah 28 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variabel yaiu variabel kelincahan diukur dengan tes lari zig-zag, dan kecepatan diukur dengan lari sprint 50 yard (45 meter). Sedangkan kemampuan dribbling menggunakan tes kemampuan dribbling. Data dianalisis dengan korelasi product moment dan dilanjutkan dengan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kelincahan mempunyai hubungan secara signifikan dengan kemampuan dribbling, karena ditemukan thitung = 2,15> ttabel 1,76. , serta berkontribusi sebesar 15,13 %. 2) Kecepatan mempunyai hubungan secara signifikan dengan kemampuan dribbling, dengan hasil temuan adalah thitung = 2,06> ttabel 1,76, serta berkontribusi sebesar 14,06%. 3) Selanjutnya kelincahan dan kecepatan secara bersama-sama mempunyai hubungan secara signifikan dengan kemampuan dribbling, dan diterima kebenarannya secara empiris, diperoleh Fhitung = 3,87 > Ftabel 3,38 05.0 . Serta berkontribusi sebesar 23,62%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:16
Last Modified: 16 Nov 2018 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19595

Actions (login required)

View Item View Item