Kontribusi Koordinasi Mata-Tangan dan Kelentukan Terhadap Ketepatan Servis Atas Atlet Bolavoli Klub Adi Putra Payakumbuh

Andrevi, Mairifkal (2018) Kontribusi Koordinasi Mata-Tangan dan Kelentukan Terhadap Ketepatan Servis Atas Atlet Bolavoli Klub Adi Putra Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MAIRIFIKAL_ANDREVI_11203346_4257_2018.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah servis atas atlet bolavoli klub Adi Putra Payakumbuh belum tepat sasaran, banyak faktor yang menyebabkan ketepatan servis atas dalam permainan bolavoli diantaranya koordinasi mata-tangan dan kelentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan dan kontribusi koordinasi mata-tangan dan kelentukan terhadap ketepatan atlet bolavoli klub Adi Putra Payakumbuh Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua atlet klub Adi Putra Payakumbuh yang berjumlah sebanyak 25 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Dengan demikian jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah sebanyak 25 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variabel. Untuk mengukur koordinasimata-tanga menggunakan tes Ballwerfen und-Fangen Test, dan untuk mengukur kelentukan menggunakan Bridge-up (kayang). Sedangkan Keterampilan servis atas menggunakan tes ketepatan servis atas . Data dianalisis dengan korelasi product moment dan dilanjutkan dengan korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan yang signifikan koordinasi mata-tangan dan berkontribusi sebesar 18,81% terhadap ketepatan servis atas atlet bolavoli Klub Adi Putra Payakumbuh. 2) Terdapat hubungan yang signifikan kelentukan dan berkontribusi sebesar 20,43% terhadap ketepatan servis atas atlet bolavoli Klub Adi Putra Payakumbuh. 3) Terdapat hubungan yang signifikan koordinasi mata-tangan dan kelentukan secara bersama-sama serta berkontribusi sebesar 34,34% terhadap ketepatan servis atas atlet bolavoli Klub Adi Putra Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:16
Last Modified: 16 Nov 2018 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19592

Actions (login required)

View Item View Item