Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Keterampilan Forehand Smash pada Atlet Tenis Meja Kabupaten Dharmasraya

M. Hidayat, M. Hidayat (2018) Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Keterampilan Forehand Smash pada Atlet Tenis Meja Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_M._HIDAYAT_1104508_4081_2018.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti pada Atlet Tenis Meja di Kabupaten Dharmasraya yang menunjukkan keterampilan forehand smash kurang dikuasai. Banyak faktor yang mempengaruhi keterampilan forehand smash, diantaranya daya ledak otot lengan serta koordinasi mata tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kontribusi daya ledak otot lengan terhadap keterampilan forehand smash pada atlet tenis meja di Kabupaten Dharmasraya, (2) Kontribusi koordinasi mata tangan terhadap keterampilan forehand smash pada atlet tenis meja di Kabupaten Dharmasraya, dan (3) Kontribusi daya ledak otot lengan dan koordinasi mata tangan terhadap keterampilan forehand smash pada atlet tenis meja di Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan metode kolerasional dengan populasi 15 orang Atlet Tenis Meja Kabupaten Dharmasraya. Sampel diambil dengan menggunakan metode total sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan pengukuran. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menemui subjek penelitian. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan teknik kolerasi dan regresi dengan bantuan aplikasi SPSS versi 16. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Daya ledak otot lengan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keterampilan forehand smash sebesar 40,25%, (2) Koordinasi mata tangan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keterampilan forehand smash sebesar 61,3%, (3) Daya ledak otot lengan dan koordinasi mata tangan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keterampilan forehand smash sebesar 62,71%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:16
Last Modified: 16 Nov 2018 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19587

Actions (login required)

View Item View Item