Tinjauan Tingkat Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Kelas V Tentang Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat di SD Negeri 36 Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok

Syahriwal, Harvis (2018) Tinjauan Tingkat Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Kelas V Tentang Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat di SD Negeri 36 Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_HARVIS_SYAHRIWAL_14086312_3912_2018.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan pelajaran kesehatan kurang berjalan sebagaimana yang diharapkan di SD Negeri 36 Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Banyak faktor yang mempengaruhi prilaku hidup bersih dan sehat diantaranya faktor kesehatan pribadi dan kesehatan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesehatan pribadi dan kesehatan lingkungan SD Negeri 36 Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Jenis penelitian adalah deskriptive. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dari kelas V, terdiri dari, 13 putra dan 12 putri orang di Sekolah Dasar Negeri 36 Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Jumlah keseluruhan sebanyak 25 orang siswa dengan total sampling. Seterusnya dapat sampel kelas V dengan jumlah 25 orang. Jenis data dalam penelitian yaitu data primer, data yang dikumpulkan langsung oleh peneliti dengan menyebarkan angket kepada siswa yang terpilih menjadi sampel. Data dianalisis dengan tingkat capaian responden. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Variabel kesehatan pribadi siswa di SD Negeri 36 Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok diperoleh tingkat capaian sebesar 77,00% dan berada pada kategori “baik”. Artinya siswa memiliki kesehatan pribadii yang baik dalam kehidupan sehari-hari. (2) Variabel kesehatan lingkungan belajar siswa siswa di SD Negeri 36 Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok diperoleh tingkat capaian sebesar 77,12 % dan berada pada kategori “baik”. Artinya kesehatan lingkungan yang dimiliki dalam ruang lingkup sekolah baik tersedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:15
Last Modified: 16 Nov 2018 02:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19575

Actions (login required)

View Item View Item