Tinjauan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 3 Kota Pariaman

Rachman, Boby (2018) Tinjauan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 3 Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_BOBY_RACHMAN_14086273)4028_2018.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Penjasorkes di SMP Negeri 3 Kota Pariaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 3 Kota Pariaman. Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian seluruh siswa SMP Negeri 3 Kota yang berjumlah 491 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu stratified random sampling. Dengan demikian jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah 48 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket atau kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi dalam bentuk persentase. Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : 1) Tingkat capaian motivasi intrinsik siswa dalam Pembelajaran Penjasorkes di SMP Negeri 3 Kota Pariaman sebesar 59,17%, berada pada klasifikasi sedang, 2) Tingkat capaian motivasi ekstrinsik siswa dalam Pembelajaran Penjasorkes di SMP Negeri 3 Kota Pariaman sebesar 59,93%, berada pada klasifikasi sedang. Untuk itu perlu upaya dari berbagai pihak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, baik dari motivasi instrinsik maupun ekstrinsik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:14
Last Modified: 16 Nov 2018 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19560

Actions (login required)

View Item View Item