Pelaksanaan Penilaian Autentik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Kenagarian Banja Loweh Kabupaten 50 Kota

Amri, Arsalul (2018) Pelaksanaan Penilaian Autentik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri Kenagarian Banja Loweh Kabupaten 50 Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ARSALUL_AMRI_14086152_3978_2018.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penilaian Autentik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD Negeri Kenagarian Banja Loweh Kabupaten 50 Kota dan untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penilaian Autentik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD Negeri Kenagarian Banja Loweh Kabupaten 50 kota. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran PJOK. Objek penelitian adalah pelaksanaan penilaian Autentik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD Negeri Kenagarian Banja Loweh Kabupaten 50 kota. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model induktif. Hasil penelitian adalah guru mata pelajaran PJOK sudah melaksanakan penilaian Autentik yang meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. (1)Guru sudah melaksanakan tahapan penilaian yang meliputi pengumpulan data, pengolahan nilai, menyimpulkan hasil penilaian dan melaksanakan tindak lanjut penilaian. Guru melaksanakan penilaian sikap dengan teknik observasi. Guru melaksanakan penilaian pengetahuan dengan tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Guru melaksanakan penilaian keterampilan dengan tes praktik. (2)Pelaksanaan penilaian masih banyak kekurangannya yaitu guru tidak melaksanakan penilaian diri, penilaian antar teman dan penilaian portofolio. Guru masih mengalami kendala dalam pelaksanaan penilaian Autentik yaitu kesulitan membuat rubrik penilaian, kesulitan membuat soal untuk tes tertulis, kesulitan membuat rekap nilai sikap, format nilai pengetahuan rumit, instrumen dan tahap penilaian banyak, serta penilaian yang membutuhkan waktu lama.Dengan demikian penilaian Autentik adalah penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai aspek sikap, pengetahuan, keterampilan mulai dari masukan (input) sampai keluaran (output) pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:14
Last Modified: 16 Nov 2018 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19559

Actions (login required)

View Item View Item