Tinjauan Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD Negeri 13 Sarik Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok

Purnawarman, Adi (2018) Tinjauan Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD Negeri 13 Sarik Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ADI_PURNAWARMAN_59223_3953_2018.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari keingintahuan penulis dalam pelaksanaan usaha kesehatan sekolah (UKS) belum berjalan maksimal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui trias UKS yang meliputi pelaksanaan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah yang sehat. Jenis penelitian adalah descriptive, yang bertujuan untuk meninjau dan mendeskripsikan suatu keadaan pada saat penelitian dilakukan. Lokasi penelitian yaitu di Sd Negeri 15 Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang yang dilakukan pada bulan januari. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa SD Negeri 13 Sarik Alahn tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok yang berjumlah sebanyak 184 orang. Sampel diambil dengan purposive sampling, dengan demikian jumlah sampel adalah sebanyak 71 orang. Jenis data dalam penelitian yaitu data primer, data yang dikumpulkan langsung oleh peneliti dengan menyebarkan angket kepada siswa yang terpilih menjadi sampel. Data dianalisis dengan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menyatakan bahwa Pendidikan kesehatan sudah terlaksana dengan baik dengan tingkat capaian sebesar 85,19%, dan berada pada kategori “Sangat Baik”. Pelayanan kesehatan terlaksana dengan semestinya, dengan tingkat capaian sebesar 80,45%, berada pada klasifikasi “Baik”. Pembinaan lingkungan sekolah sehat terlaksana dengan baik dengan tingkat capaian sebesar 80,09% berada pada kalsifikasi “Baik”. Capaian tujuan Program TRIAS UKS di SD Negeri 13 Sarik Alahn tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok yaitu 81% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan berada pada klasifikasi Sangat baik dan untuk itu bagi sekolah tersebut untuk dapat mempertahankan, begitu juga dengan pelaksanaan kesehatan yang berada klasifikasi baik, untuk dapat ditinjau lagi dan perlu perbaikan. Pada pembinaan lingkungan sekolah sehat pada kategori “baik”, perlu perhatian dan peninjauan yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:28
Last Modified: 15 Nov 2018 00:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19548

Actions (login required)

View Item View Item