An Analysis Of The Complex Sentence Used In The Theses Written By English Departmen’s Graduates in March 2017 Period at Universitas Negeri Padang

Warni, Danisa (2018) An Analysis Of The Complex Sentence Used In The Theses Written By English Departmen’s Graduates in March 2017 Period at Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_DANISA_WARNI_1300906_1826_2018.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengamati jenis kalimat komplek dalam skripsi yang ditulis oleh mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Padang periode wisuda Maret 2017. Sumber data dari penelitian ini adalah skripsi yang ditulis oleh mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Padang periode wisuda Maret 2017. Sumber data dari penelitian ini sebanyak 20 skripsi dari 73 skripsi yang dipilih menggunakan teknik purposive random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga jenis kalimat komplek dalam skripsi mahasiswa yaitu kalimat komplek dalam bentuk noun clause, kalimat komplek dalam bentuk adverbial clause dan kalimat komplek dalam bentuk adjective clause. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan terdapat 173 kalimat komplek dari 20 skripsi mahasiswa. 8 kalimat dikategorikan sebagai kalimat komplek dalam bentuk noun clauses, 99 kalimat dikategorikan sebagai kalimat komple dalam bentuk adverbial clauses, dan 65 kalimat dikategorikan dalam bentuk adjective clauses. Kalimat komplek dalam bentuk adverbial clauses adalah kalimat komplek yang banyak digunakan. Dari 173 data ditemukan bahwa 69 kalimat komplek dikategorikan dalam kategori sangat baik, 89 kalimat dikategorikan dalam kategori baik, 14 kalimat komplek dikategorikan dalam kategori cukup, dan 0 kalimat komplek yang dikategorikan kedalam kategori rendah. Kalimat komplek dalam bentuk adverbial clauses merupakan tipe kalimat komplek yang banyak digunakan dan diikuti oleh kalimat komplek dalam bentuk adjective clause.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:17
Last Modified: 14 Nov 2018 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19526

Actions (login required)

View Item View Item