The Second Year Senior High School Students’ Grammatical Difficulties in Presenting Spoken Exposition Text at MAN 2 Padang

Wahyuni, Anisa (2018) The Second Year Senior High School Students’ Grammatical Difficulties in Presenting Spoken Exposition Text at MAN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ANISA_WAHYUNI_1105967_1293_2018.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesulitan-kesulitan tata bahasa siswa dalam menyampaikan teks eksposisi lisan, dibatasi pada penggunaan simple present tense, modal, dan conjunction. Penelitian ini adalah penelitan deskriptif yang dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2017 di MAN 2 Padang. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Program MIA, dengan total sample sebanyak 38 orang yang dipilih melalui stratified random sampling. Data penelitian adalah kalimat siswa yang memiliki kesalahan gramatikal yang diambil dari transkrip speaking, yang dikumpulkan melalui tes berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kesulitan-kesulitan tata bahasa dalam menggunakan simple present tense, modal, dan conjunction. Kesulitan yang paling sering muncul dalam penggunaan kalimat verbal dengan simple present tense adalah subject-verb agreement (51%) dan penggunaan auxiliary verb (18%). Kesulitan yang paling sering muncul dalam penggunaan kalimat nominal dengan simple present tense adalah tidak ada kata kerja (71%) dan tidak ada subjek (13%). Kesulitan yang paling sering muncul dalam penggunaan modal adalah saat menggunakan modal can (44%) dan will (23%). Kesulitan yang paling sering muncul dalam penggunaan conjunction adalah saat menggunakan conjunction so (50%) dan and (44%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:17
Last Modified: 14 Nov 2018 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19525

Actions (login required)

View Item View Item