Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Setempat Sampuraga di Desa Sirambas Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal

Nofrialdi, Wendi (2018) Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Setempat Sampuraga di Desa Sirambas Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_WENDI_NOFRIALDI_14017026_3527_2018.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) struktur cerita rakyat legenda Sampuraga di Desa Sirambas Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal: (2) Fungsi sosial cerita rakyat legenda Sampuraga di Desa Sirambas Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah cerita rakyat legenda Samapuraga di Desa Sirambas Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal. Data tersebut dikumpulkan dari informan (masyarakat desa Sirambas) melalui teknik wawancara, observasi, dan perekaman hasil wawancara dengan informan. Data yang sudah didapat tersebut lalu dianalisis dengan beberapa tahap, yaitu: (1) tahap transkripsi data, (2) tahap klasifikasi data, (3) tahap pembahasan atau penyimpulan hasil klasifikasi data dan, (4) tahap pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan hal-hal berikut: (1) Struktur cerita rakyat legenda Sampuraga di Desa Sirambas Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal terdiri atas: (a) tokoh dan penokohan, tokoh yang terdapat pada cerita Sampuraga terbagi atas dua sub tokoh yaitu Sampuraga sebagai tokoh utama, dan beberapa tokoh sampingan, (b) gaya bahasa, tuturan gaya bahasa yang digunakan informan dalam cerita Sampuraga adalah tuturan khas Batak Mandailing, (c) alur dan peristiwa, alur dan peristiwa dalam cerita Sampuraga adalah alur konvensional, dan memiliki tiga tahap yaitu, tahap awal atau perkenalan, tahap tengah atau pertikaian, dan tahap akhir atau tahap pelarian, (d) latar, latar yang dimiliki cerita Sampuraga adalah latar tempat, latar waktu, dan latar sosial, (e) tema dan amanat, semua unsur cerita Sampuraga mengacu pada satu tema yaitu anak durhaka. (2) Fungsi sosial yang terdapat pada cerita rakyat legenda Sampuraga di Desa Sirambas Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal adalah, menghibur, mendidik, jati diri, dan mengukuhkan solidaritas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:17
Last Modified: 14 Nov 2018 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19522

Actions (login required)

View Item View Item