Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di SMP Negeri Kota Bukittinggi

Afrila, Tysa Mekar (2018) Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di SMP Negeri Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_TYSA_MEKAR_AFRILA_14016075_3516_2018.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) implementasi pembelajaran berbasis teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri Bukittinggi (2) implementasi pembelajaran berbasis teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri Bukittinggi berfokus pada media pembelajaran (3) implementasi pembelajaran berbasis teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri Bukittinggi berfokus pada metodepembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri kota Bukittinggi, yaitu SMPN 4 Bukittinggi, SMPN 6 Bukittinggi, dan SMPN 7 Bukittinggi. Entri penelitian ini yaitu implementasi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Instrumen di dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri dibantu dengan format observasi dan format wawancara. Data dalam penelitian ini adalah hasil pengumpulan data tentang pemahaman dan pelaksanaan pembelajaran berbasis teks yang dilaksanakan guru bahasa Indonesia di SMP Negeri kota Bukittinggi yang diperoleh dari sumber data. Teknik yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu identifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan tiga hal berikut. (1) Pelaksanaan pembelajaran berbasis teks yang dilaksanakan guru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SMPN kota Bukittinggi sudah menggunakan empat capaian dalam pembelajaran berbasis teks dengan rincian sebagai berikut. Pertama, guru bahasa Indonesia SMPN 4 Bukittinggi sudah menggunakan empat capaian dalam pembelajaran berbasis teks dengan capaian baik. Kedua, guru bahasa Indonesia SMPN 6 Bukittinggi melaksanakan empat aspek pembelajaran berbasis teks dengan capaian cukup. Ketiga, guru bahasa Indonesia SMPN 7 Bukittinggi sudah melaksanakan capaian pembelajaran berbasis teks dengan capaian cukup (2) Penggunaan media pembelajaran di SMPN 4 Bukittinggi, SMPN 6 Bukittinggi, dan SMPN 7 Bukittinggi sudah menerapkan media pembelajaran dengan kategori baik. Baik itu dari aspek penggunaan media audio visual maupun media audio,dan (3) Penerapan metode pembelajaran di SMP N 4 Bukittinggi, SMP N 6 Bukittinggi, dan SMP N 7 Bukittinggi sudah menerapkan metode pembelajaran dengan kategori baik yang dianalisis dari beberapa aspek penerapan metode tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:17
Last Modified: 14 Nov 2018 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19521

Actions (login required)

View Item View Item