Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Lubuk Basung

Khotimah, Sari Husnul (2018) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SARI_HUSNUL_KHOTIMAH_14016088_3657_2018.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Lubuk Basung yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018, yaitu 398 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 10% dari populasi, yaitu 40 orang siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman sebagai variabel bebas (variabel X) dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebagai variabel terikat (variabel Y). Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMK Negeri 2 Lubuk Basung tergolong baik sekali dengan nilai rata-rata 88,42 berada pada rentangan 86—95 pada skala 10. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 2 Lubuk Basung tergolong baik dengan nilai rata-rata 82,50 berada pada rentangan 76—85 pada skala 10. Ketiga, terdapat korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 2 Lubuk Basung pada derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 2 Lubuk Basung pada derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%. Nilai thitung (2,13) lebih besar dari ttabel (1,68) pada derajat kebebasan n-1 dan taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, yaitu 2,13 >1,68.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:17
Last Modified: 14 Nov 2018 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19520

Actions (login required)

View Item View Item