Korelasi Pemahaman Kosakata Bidang Pendidikan dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Payakumbuh

Dewi, Triwina Santi (2018) Korelasi Pemahaman Kosakata Bidang Pendidikan dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_TRIWINA_SANTI_DEWI_14016122_3658_2018.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan pemahaman kosakata bidang pendidikan siswa kelas X SMK Negeri 1 Payakumbuh. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Payakumbuh. Ketiga, mendeskripsikan korelasi pemahaman kosakata bidang pendidikan dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Payakumbuh. Teori yang berhubungan dengan penelitian ini adalah teori tentang (a) keterampilan menulis, (b) teks eksposisi, dan (c) pemahaman kosakata bidang pendidikan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Payakumbuh yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018, yaitu 452 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 15% dari populasi, yaitu 68 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes pemahaman kosakata bidang pendidikan dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur pemahaman kosakata bidang pendidikan dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, pemahaman kosakata bidang pendidikan siswa kelas X SMK Negeri 1 Payakumbuh berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 78,09. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Payakumbuh berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 78,00. Ketiga, terdapat korelasi pemahaman kosakata bidang pendidikan dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Payakumbuh dengan derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%. Nilai thitung (16,21) lebih besar dari ttabel (1,67) yaitu thitung > ttabel (16,21>1,67) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengetahuan kosakata berkorelasi dengan keterampilan menulis teks eksposisi. Semakin baik pengetahuan kosakata akan semakin baik pula keterampilan menulis teks eksposisinya. Dengan demikian, untuk terampil menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Payakumbuh, diperlukan pemahaman kosakata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:17
Last Modified: 14 Nov 2018 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19519

Actions (login required)

View Item View Item