Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Padang

Kurniadi, Rizal (2018) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RIZAL_KURNIADI_14016087_3730_2018.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMK Negeri 10 Padang. Kedua, mendeksripsikan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 10 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini siswa kelas X SMK Negeri 10 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 206 siswa yang tersebar dalam enam kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yang diambil menggunakan teknik acak sederhana dengan presisi sebesar 15% menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif yang digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Uji persyaratan analisis data dilakukan dengan dua cara, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik penganalisisan data dilakukan dengan cara memberikan skor terhadap tes yang telah diberikan. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMK Negeri 10 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini disimpulkan berdasarkan rata-rata hitung sebesar 77,13. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 10 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung tes menulis teks laporan hasil observasi sebesar 69,63. Ketiga, berdasarkan uji-t H0 ditolak dan H1 diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-2 karena thitung > ttabel yaitu 2,47>1,31. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, keterampilan membaca pemahaman berkorelasi terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 10 Padang. Dengan kata lain, hipotesis kerja (H1) yang berbunyi ―Terdapat hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMK Negeri 10 Padang‖ diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:17
Last Modified: 14 Nov 2018 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19518

Actions (login required)

View Item View Item