Implementasi Penilaian Otentik dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Payakumbuh

Khairani, Risma (2018) Implementasi Penilaian Otentik dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RISMA_KHAIRANI_14016049_3518_2018.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) jenis penilaian otentik yang digunakan guru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri kota Payakumbuh, (2) kesesuaian antara penilaian otentik yang dilakukan guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri kota Payakumbuh dan teori yang ada pada Kurikulum 2013, dan (3) kendala-kendala yang dihadapi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri kota Payakumbuh dalam melakukan penilaian otentik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri kota Payakumbuh yaitu SMPN 3 Payakumbuh, SMPN 5 Payakumbuh, dan SMPN 8 Payakumbuh. Data dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi tentang pemahaman dan pelaksanaan penilaian otentik yang dilakukan guru bahasa Indonesia di SMP Negeri kota Payakumbuh yang diperoleh dari sumber data. Teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu identifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian dan hasil penelitian dapat disimpulkan tiga hal berikut. (1) Secara keseluruhan jenis penilaian otentik telah digunakan oleh guru bahasa Indonesia di SMP Negeri kota Payakumbuh. (2) Secara keseluruhan kesesuaian antara penilaian otentik yang dilakukan guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri kota Payakumbuh dan teori yang ada pada Kurikulum 2013 sudah baik. Pada komponen pemahaman guru terhadap proses dan penilaian pembelajaran berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian dikategorikan baik. Guru bahasa Indonesia SMPN 3 Payakumbuh sudah memahami proses dan penilaian pembelajaran dengan baik. Guru bahasa Indonesia SMPN 5 Payakumbuh sudah memahami proses dan penilaian pembelajaran dengan baik. Guru bahasa Indonesia SMPN 8 Payakumbuh sudah memahami proses dan penilaian pembelajaran dengan baik. Pada komponen pelaksanaan penilaian pembelajaran berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian dikategorikan cukup baik. Guru bahasa Indonesia SMPN 3 Payakumbuh sudah melaksanakan penilaian pembelajaran dengan kategori cukup baik. Guru bahasa Indonesia SMPN 5 Payakumbuh sudah melaksanakan penilaian pembelajaran dengan kategori cukup baik. Guru bahasa Indonesia SMPN 8 Payakumbuh sudah melaksanakan penilaian pembelajaran dengan kategori cukup baik. (3) Kendala yang dialami guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMPN kota Payakumbuh antara lain keterbatasan waktu, sarana dan prasarana, dan sosialisasi penilaian otentik yang masih minim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:17
Last Modified: 14 Nov 2018 02:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19517

Actions (login required)

View Item View Item