Pengaruh PenggunaanTeknikCopy the Master terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Raya

Sari, Putri Julia (2018) Pengaruh PenggunaanTeknikCopy the Master terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_PUTRI_JULIA_SARI_14016046_3731_2018.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks puisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Raya sebelum menggunakan teknik copy the master.Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks puisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Raya sesudah menggunakan teknik copy the master. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan teknik copy the master terhadap tingkat keterampilan menulis teks puisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Tajung Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Raya yang terdaftar tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 429 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks puisi menggunakan teknik copy the master. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilanmenulis teks puisi sebelum dan sesudah menggunakan teknik copy the master. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks puisi sebelum menggunakan teknik copy the master siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Raya berada pada kualifikasi HampirCukup (HC) dengan rata-rata 50,40. Kedua, keterampilan menulis teks puisi sesudah menggunakan teknik copy the master siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Raya berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 73,12. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif ( ) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan karena ttabel<thitung, yaitu 1,70<7,12. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks puisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Raya sebelum menggunakan teknik copy the master berada pada kualifikasi HampirCukup (HC) dengan nilai rata-rata 50,40. Kedua, keterampilan menulis teks puisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Raya sesudah menggunakan teknik copy the master berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 73,12. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan teknik copy the master terhadap keterampilan menulis teks puisi siswa kelas X SMK Negeri 1Tanjung Raya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:16
Last Modified: 14 Nov 2018 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19516

Actions (login required)

View Item View Item