Pengaruh Penggunaan Teknik Copy The Master terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman

Sari, Novita (2018) Pengaruh Penggunaan Teknik Copy The Master terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NOVITA_SARI_14016043_3519_2018.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman sebelum menggunakan teknik Copy The Master (selanjutnya disingkat CTM). Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman sesudah menggunakan teknik CTM. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik CTM terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman sebelum dan sesudah menggunakan teknik CTM. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen yang dipilih yakni eksperimen semu atau quasy experiment dengan desain the one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman yang terdaftar tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 192 siswa dan sampel 32 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks fabel sebelum menggunakan teknik CTM dan skor hasil tes keterampilan menulis teks fabel sesudah menggunakan teknik CTM. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui pengaruh teknik CTM terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks fabel sebelum dan sesudah menggunakan teknik CTM. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks fabel sebelum menggunakan teknik CTM siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai ratarata 63,28. Kedua, keterampilan menulis teks fabel sesudah menggunakan teknik CTM siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 74,80. Ketiga, keterampilan menulis teks fabel sesudah menggunaan teknik CTM lebih tinggi daripada sebelum menggunakan teknik CTM siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman, namun belum mencapai KKM. Dengan kata lain, teknik CTM berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman. Berdasarkan perbedaan nilai rata-rata menulis teks fabel terlihat penggunaan teknik CTM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pariaman. Oleh karena itu, disimpulkan penggunaan teknik CTM memberikan pengaruh terhadap keterampilan menulis teks fabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:16
Last Modified: 14 Nov 2018 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19514

Actions (login required)

View Item View Item