Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang

ArbI, Maharani Dwi Puteri (2018) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MAHARANI_DWI_PUTERI_ARBI_14016067_3741_2018.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Ketiga, menganalisis kontribusi keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kontribusi korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 255 siswa yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks eksposisi dan tes objektif keterampilan membaca pemahaman. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang berada pada kualifikasi baik (81,50). Kedua, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang berada pada kulifikasi baik (81,39). Ketiga, keterampilan membaca pemahaman memiliki kontribusi sebesar 43,03% terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang dan selebihnya (56,97%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Dengan kata lain, hipotesis kerja (H1) yang berbunyi “Terdapat kontribusi keterampilan membaca pemahaman berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang” diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:16
Last Modified: 14 Nov 2018 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19513

Actions (login required)

View Item View Item