Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang

Sardila, Fenny Gina (2018) Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FENNY_GINA_SARDILA_14016035_3517_2018.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang sebelum menggunakan teknik mind mapping. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang sesudah menggunakan teknik mind mapping. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan One Group Pretest dan Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang berjumlah 224 orang, tersebar dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B SMP Negeri 11 Padang berjumlah 32 orang, ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks persuasif sebelum menggunakan teknik mind mapping dan sesudah menggunakan teknik mind mapping. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks persuasif sebelum dan sesudah menggunakan teknik mind mapping. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks persuasif sebelum menggunakan teknik mind mapping siswa kelas VIII.B SMP Negeri 11 Padang berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan nilai rata-rata 54,1. Kedua, keterampilan menulis teks persuasif sesudah teknik mind mapping siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 75,65. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf 0,95 diperoleh thitung > ttabel (9,30 > 1,70. Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Hal itu berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks persuasif siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang sesudah menggunakan teknik mind mapping lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik mind mapping. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata keterampilan menulis teks persuasif siswa sesudah menggunakan teknik mind mapping berada di atas KKM, sedangkan nilai rata-rata keterampilan menulis teks persuasif siswa sebelum menggunakan teknik mind mapping berada di bawah KKM. Sementara itu, KKM yang diterapkan oleh SMP Negeri 11 Padang adalah 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:16
Last Modified: 14 Nov 2018 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19511

Actions (login required)

View Item View Item