Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang

Octaviani, Widya (2016) Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_WIDYA_OCTAVIANI_1205150_4560_2016.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Ketiga,menganalisis kontribusi keterampilan menyimak berita terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian yaitu penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 222 orang yang tersebar dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menyimak berita sebagai variabel bebas (variabel X) dan keterampilan menulis berita sebagai variabel terikat (variabel Y). Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan menyimak berita dan skor hasil tes keterampilan menulis berita. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menyimak berita. Tes unjuk kerja digunakan untu mengumpulkan data keterampilan menulis berita. Data dianalisis dengan rumus koefisien korelasi dan koefisien determinan. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (73,06). Kedua, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi baik (77,88). Ketiga, keterampilan menyimak berita memberikan sumbangan sebesar 11,40% kepada keterampilan menulis berita. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahwa H1 diterima karena rhitung lebih besar dari rtabel (rhitung > rtabel = 0,338 > 0,304). Hal ini berarti terdapat kontribusi antara keterampilan menyimak berita terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Dengan kata lain, untuk terampil menulis berita diperlukan keterampilan menyimak berita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:16
Last Modified: 14 Nov 2018 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19508

Actions (login required)

View Item View Item