Kategori, Struktur, dan Fungsi Sosial Kepercayaan Rakyat Ungkapan Larangan tentang Alam Gaib dan Terciptanya Alam Semesta dan Dunia Masyarakat Kenagarian Pasie LawehKecamatan Sungai Tarab Tanah Datar

Putri, Sonya (2016) Kategori, Struktur, dan Fungsi Sosial Kepercayaan Rakyat Ungkapan Larangan tentang Alam Gaib dan Terciptanya Alam Semesta dan Dunia Masyarakat Kenagarian Pasie LawehKecamatan Sungai Tarab Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SONYA_PUTRI_1205249_1997_2016.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kategori, struktur, dan fungsi sosial kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang alam gaib dan terciptanya alam semesta dan dunia masyarakat Kenagarian Pasie Laweh Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif,dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah 101 ungkapan larangan tentang alam gaib dan terciptanya alam semesta dan dunia masyarakat Kenagarian Pasie Laweh. Pengumpulan data dilakukan melalui dua tahap.Pertama, tahap perekaman dan tuturan tersebut ditranskripsikan yang selanjutnya ditransliterasikan dari bahasa Minangkabau dialek Tanah Datar di Kenagarian Pasie Laweh ke dalam bahasa Indonesia. Kedua, pengumpulan data tentang lingkungan penceritaan melalui teknik pencatatan, pengamatan, dan wawancara. Selanjutnya, data dianalisis melalui empat tahap, yaitu (1) inventarisasi data, (2) analisis data, (3) pembahasan dan penyimpulan hasil analisis, dan (4) pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut ini. Pertama, kategori kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang alam gaib, yaitu (a) 7 ungkapan tentang hantu aru-aru, (b) 6 ungkapan tentang palasik, (c) 8 ungkapan tentang orang bunian, (d) 7 ungkapan tentang cindaku, (e) 7 ungkapan tentang inyiak, dan (f) 13 ungkapan tentang alam gaib lainnya. Kedua, kategori kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang terciptanya alam semesta dan dunia, yaitu (a) 4 ungkapan tentang fenomena kosmik, (b) 11 ungkapan tentang cuaca, (c) 11 ungkapan tentang binatang dan peternakan, (d) 11 ungkapan tentang penangkapan ikan dan berburu, serta (e) 22 ungkapan tentang tanam-tanaman dan pertanian. Ketiga, struktur kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang alam gaib adalah 45 ungkapan yang berstruktur dua bagian (sebab-akibat) dan tiga ungkapan yang berstruktur tiga bagian (tanda-perubahan-hasil). Keempat, struktur kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang terciptanya alam semesta dan dunia adalah 59 ungkapan yang berstruktur dua bagian (sebab-akibat). Kelima, fungsi sosial kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang alam gaib,yaitu (a) 48 ungkapan yang berfungsi sebagai penebal keyakinan, (b) 36 ungkapan yang berfungsi untuk mendidik, dan (c) 48 ungkapan yang berfungsi untuk menyuruh dan melarang. Keenam, fungsi sosial kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang terciptanya alam semesta dan dunia, yaitu (a) 59 ungkapan yang berfungsi sebagai penebal keyakinan, (b) 17 ungkapan yang berfungsi untuk mendidik, dan (c) 59 ungkapan yang berfungsi untuk meyuruh dan melarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:16
Last Modified: 14 Nov 2018 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19506

Actions (login required)

View Item View Item