Kategori, Struktur, dan Fungsi Sosial Kepercayaan Rakyat Ungkapan Larangan tentang Alam Gaib dan Terciptanya Alam Semesta dan Dunia Masyarakat Kenagarian Banja Loweh Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota

Murti, Juliana (2016) Kategori, Struktur, dan Fungsi Sosial Kepercayaan Rakyat Ungkapan Larangan tentang Alam Gaib dan Terciptanya Alam Semesta dan Dunia Masyarakat Kenagarian Banja Loweh Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_JULIANA_MURTI_1205241_1998_2016.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini ditulis untuk menjelaskan kategori, struktur, dan fungsi sosial kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang alam gaib dan terciptanya alam semesta dan dunia masyarakat Kenagarian Banja Loweh Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah hasil wawancara mengenai kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang alam gaib dan terciptanya alam semesta dan dunia serta hasil wawancara tentang lingkungan penceritaannya. Data penelitian didapatkan dari hasil wawancara dengan informan yang merupakan masyarakat Kenagarian Banja Loweh Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota. Pengumpulan data dilakukan dalam dua tahap. Pertama, tahap perekaman. Hasil rekaman ditranskripsikan ke dalam bentuk tulisan. Selanjutnya, hasil transkripsi ditransliterasikan ke dalam bahasa Minangkabau Umum dan bahasa Indonesia. Kedua, tahap pengumpulan data tentang lingkungan penceritaan. Data diolah dan kemudian ditafsirkan hingga dapat disimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, kategori kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang alam gaib, yaitu (1) antu rau-rau sebanyak 7 data, (2) palasik sebanyak 2 data, (3) urang bunian sebanyak 8 data, (4) cindaku sebanyak 3 data, (5) jin sebanyak 4 data, dan (6) bilih sebanyak 2 data. Kedua, kategori kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang terciptanya alam semesta dan dunia, yaitu (1) fenomena kosmik sebanyak 2 data, (2) cuaca sebanyak 3 data, (3) binatang dan peternakan sebanyak 20 data,(4) penangkapan ikan dan berburu sebanyak 6 data, (5) tanam-tanaman dan pertanian sebanyak 20 data. Ketiga, struktur kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang alam gaib adalah struktur dua bagian sebanyak 26 data. Keempat, struktur kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang terciptanya alam semesta dan dunia terdiri atas: (1) struktur dua bagian sebanyak 45 data dan (2) struktur tiga bagian sebanyak 1 data. Kelima, fungsi sosial kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang alam gaib, yaitu (1) penebal emosi keyakinan dan kepercayaan sebanyak 26 data, (2) sarana pendidikan bagi anak atau remaja sebanyak 13 data, dan (3) penjelasan menyuruh dan melarang sebanyak 26 data. Keenam, fungsi sosial kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang terciptanya alam semesta dan dunia, yaitu (1) penebal emosi keyakinan dan kepercayaan sebanyak 46 data, (2) sarana pendidikan bagi anak atau remaja sebanyak 6 data, dan (3) penjelasan menyuruh dan melarang sebanyak 46 data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:15
Last Modified: 14 Nov 2018 02:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19489

Actions (login required)

View Item View Item