Hubungan Minat Baca Cerita Pendek dan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMP N 3 Batusangkar

Lestari, Yulia (2016) Hubungan Minat Baca Cerita Pendek dan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMP N 3 Batusangkar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_YULIA LESTARI_1200895_4450_2016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan minat baca cerita pendek siswa kelas IX SMP N 3 Batusangkar. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IX SMP N 3 Batusangka. Ketiga, menganalisis hubungan minat baca cerita pendek dan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IX SMP N 3 Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian, yaitu penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP N 3 Batusangkar yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 154 orang yang tersebar dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Variabel penelitian ini adalah minat baca cerita pendek sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis cerita pendek sebagai variabel terikat (Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengisian angket untuk minat baca cerita pendek dan tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis cerita pendek. Data penelitian berupa skor minat baca cerita pendek dan skor keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IX SMP N 3 Batusangkar. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis , yaitu angket dan tes unjuk kerja. Pengisian angket digunakan untuk mengumpulkan data minat baca cerita pendek, sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis cerita pendek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyesuaikan jenis data yang diperlukan. Pertama, dengan cara memberikan tes minat baca cerita pendek berupa pengisian angket. Kedua, memberikan tes unjuk kerja menulis cerita pendek. Setelah data penelitian terkumpul dilakukan penganalisisan data. Langkah-langkah dalam menganalisis data penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, memberikan skor terhadap minat baca cerita pendek siswa dan keterampilan menulis cerita pendek . Kedua, mengubah skor minat baca cerita pendek dan tes unjuk kerja menjadi nilai. Ketiga, mengklasifisikan minat baca cerita pendek dan keterampilan menulis cerita pendek berdasarkan konversi 10 . Keempat, membuat diagram minat baca cerita pendek dan keterampilan menulis cerita pendek. Kelima, mengkorelasikan variabel penelitian dengan menggunakan rumus product moment. Keenam, pengujian keberartian hipotesis yang diajukan. Ketujuh, membahas analisis dan menyimpulkan hasil pembahasan dengan cara mendeskripsikan hubungan minat baca cerita pendek dan keterampialn menulis cerita pendek siswa kelas IX SMPN 3 Batusangkar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:14
Last Modified: 14 Nov 2018 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19486

Actions (login required)

View Item View Item