Representasi Tindak Tutur Direktif Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 Padang

Larassaty, Suci (2016) Representasi Tindak Tutur Direktif Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SUCI_LARASSATY_1205198_4259_2016.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian memiliki tiga tujuan. Pertama, mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri 15 Padang. Kedua, mendeskripsikan strategi bertutur direktif bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 15 Padang. Ketiga, mendeskripsikan konteks bertutur direktif bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah tuturan langsung direktif bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 15 Padang. Teknik pengumpulan data dengan cara: (1) mentranskripsikan tindak tutur direktif siswa dalam diskusi kelas yang telah direkam berupa data lisan; (2) mengindetifikasi bentuk tindak tutur, strategi bertutur, dan konteks tindak tutur direktif bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 15 Padang; (3) mengklasifikasikan bentuk tindak tutur direktif baahsa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 15 Padang, dan; (4) mengklasifikasikan strategi bertutur direktif bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 15 Padang Hasil penelitian ini adalah ditemukannya (1) bentuk tindak tutur direktif menyuruh sebanyak 80 tuturan; (2) bentuk tindak tutur direktif memohon 7 tuturan; (3) bentuk tindak tutur direktif menyarankan sebanyak 3 tuturan; (4) tindak tutur direktif menuntut sebanyak 7 tuturan; dan (5) bentuk tindak tutur direktif menantang sebanyak 9 tuturan. Selain itu, dari kegiatan diskusi kelas siswa ditemukan 4 strategi bertutur, diantaranya; (1) 44 strategi bertutur tanpa basa-basi; (2) 46 strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi kesantunan positif; (3) 13 strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi kesantunan negatif; dan (4) 3 strategi bertutur samar-samar. Konteks bertutur difokuskan pada kegiatan pembelajaran diskusi kelas dengan suasana kelas yang formal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:13
Last Modified: 14 Nov 2018 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19481

Actions (login required)

View Item View Item