Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang

Nursyafia, Rajeni (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RAJENI_NURSYAFIA_1205139_3144_2016.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama,mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang sebelum penerapan model pembelajaran tipe Think Pair Share.Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang sesudah penerapan model pembelajaran tipe Think Pair Share. Ketiga, menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran tipe Think, Pair, Share terhadap tingkat keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design (rancangan satu kelompok pretest and posttes.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 25 Padangyang berjumlah 30 orang dan kelas yang paling homogen karena memiliki standar deviasi terendah. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis karangan eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis karangan eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif tipethink pair share. Hasil penelitian ini ada tiga yaitu, sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis karangan eksposisi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang berada pada kualifikasi Kurang (K) dengan nilai rata-rata 44,44.Kedua, keterampilan menulis karangan eksposisi sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 70,14.Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif () diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan karena thitung>ttabel (9,11>1,67). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Padang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair sharelebih baik dibandingkan sebelummenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share.Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair sharelebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata sebelum model pembelajaran kooperatif tipethink pair share.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:12
Last Modified: 14 Nov 2018 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19473

Actions (login required)

View Item View Item