Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang

Andhira, Raisya (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RAISYA_ANDHIRA_1205166_1089_2016.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap tingkat keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini One Group Pretest and Posttest Design. Jumlah populasi 224 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 9 Padang dengan jumlah 31 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu (1) keterampilan menulis karangan eksposisi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan (2) keterampilan menulis karangan eksposisi siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini tes unjuk kerja. Data penelitian ini skor hasil tes keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis karangan eksposisi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 67,21. Kedua, keterampilan menulis karangan eksposisi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan rata-rata 86,20. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif ( ) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan karena ttabel < thitung (1,67<8,19). Dengan kata lain, keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray lebih baik dibandingkan keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan eksposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:12
Last Modified: 14 Nov 2018 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19472

Actions (login required)

View Item View Item