Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Memahami Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh

Yetti, Nofrida (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Memahami Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NOFRIDA_YETTI_1205174_4042_2016.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kurangnya pemahaman siswa dalam memahami teks cerpen. Kedua, kurangnya pengetahuan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh dalam penggunaan bahasa teks cerpen. Ketiga, siswa merasa bosan dalam pelajaran memahami. Hal ini disebabkan oleh kurang menariknya model atau media yang digunakan oleh guru, sehingga siswa tidak bersemanagat mengikuti pembelajaran. Keempat, guru masih menggunakan metode ceramah atau konvensional. Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripisikan kemampuan memahami teks cerpen sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh. Kedua, mendeskripsikan kemampuan memahami teks cerpen setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan memahami teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan statis satu kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh yang terdaftar tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu kemampuan memahami teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sebagai variabel pertama (X1) dan kemampuan memahami teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT sebagai variabel kedua (X2). Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes kemampuan memahami teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes pilihan ganda, yaitu tes memahami teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, kemampuan memahami teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 63,08. Kedua, kemampuan memahami teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 76,00. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung > ttabel (7,83>1,70). Dari hasil uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memahami teks cerpen setelah menggunkan model pembelajaran koopratif tipe NHT siswa kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:12
Last Modified: 14 Nov 2018 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19467

Actions (login required)

View Item View Item