Pengaruh Penerapan Teknik Pemodelan Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMK Pembina Bangsa Bukittinggi

Rintina, Nila Malda (2016) Pengaruh Penerapan Teknik Pemodelan Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMK Pembina Bangsa Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NILA_MALDA_RINTINA_1205133_4071_2016.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini ada tiga, yaitu: (1) siswa kesulitan dalam menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan yang utuh, (2) siswa kesulitan dalam merangkai kalimat, dan (3) dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi, masih banyak siswa yang belum terampil membedakan antara karangan deskripsi dengan karangan lain seperti karangan narasi dan karangan eksposisi. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan teknik pemodelan berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu: (1) keterampilan menulis karangan deskripsi, (2) teknik pemodelan, dan (3) media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah statis dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Pembina Bangsa Bukittinggi yang berjumlah 166 orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri atas dua kelas, yaitu kelas kontrol (kelas X. ADP) berjumlah 30 orang siswa, dan kelas eksperimen (kelas X. TOSM) berjumlah 30 orang siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan deskripsi siswa tanpa menerapkan teknik pemodelan berbantuan media gambar dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dengan menerapkan teknik pemodelan berbantuan media gambar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas kontrol berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan nilai rata-rata 51,30. Kedua, keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas eksperimen berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 78,15. Ketiga, penerapan teknik pemodelan berbantuan media gambar berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK Pembina Bangsa Bukittinggi. Dengan kata lain, keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas kontrol lebih rendah dibandingkan dengan kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:12
Last Modified: 14 Nov 2018 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19466

Actions (login required)

View Item View Item