Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang

Putri, Mutia Trisna (2016) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MUTIA_TRISNA_PUTRI_1100883_4146_2016.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Ketiga, menganalisis hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskrpitif dan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang yang terdaftar pada tahun 2015/2016, berjumlah 131 orang dan tersebar dalam lima kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 33 orang, diambil dengan teknik simple random sampling. Variabel penelitian ini ada dua, yaitu, keterampilan membaca pemahaman sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks eksposisi sebagai variabel terikat (Y). Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Instrumen penelitian ini ada dua, yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang adalah 80,98 dan berada pada kualifikasi baik. Kedua, nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang adalah 80,49 dan berada pada kualifikasi baik. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan memabaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n – 1, yaitu ttabel < thitung (1,70 < 2,48). H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai ttabel lebih kecil daripada thitung. Jadi, disimpulkan bahwa semakin tinggi keterampilan membaca pemahaman siswa, semakin tinggi pula keterampilan menulis teks eksposisi. Sebaliknya, jika keterampilan membaca pemahaman siswa rendah, maka keterampilan menulis teks eksposisi siswa rendah pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:12
Last Modified: 14 Nov 2018 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19465

Actions (login required)

View Item View Item