Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Sijunjung Kabupaten Sijunjung

Muharwandi, Muharwandi (2016) Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MUHARWANDI_18146_5936_2016.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh penggunaan teknik Mind Mapping terhadap keterampilan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 9 Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis karangan eksposisi. Kedua, teknik Mind Mapping. Ketiga, penerapan teknik Mind Mapping dalam keterampilan menulis karangan eksposisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Data penelitian ini adalah skor yang diperoleh siswa kelas X SMA Negeri 9 Sijunjung Kabupaten Sijunjung dari hasil tes keterampilan menulis karangan eksposisi sebelum menggunakan teknik Mind Mapping dan setelah menggunakan teknik Mind Mapping. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang terjadi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis karangan eksposisi sebelum menggunakan teknik Mind Mapping Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Sijunjung Kabupaten Sijunjung berada pada kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata 64.72. Kedua, keterampilan menulis karangan eksposisi setelah menggunakan teknik Mind Mapping Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Sijunjung Kabupaten Sijunjung berada pada kualifikasi Baik sekali dengan nilai rata-rata 85.14. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf siginifikansi 95% dan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 karena thitung > ttabel (5,71 > 1,70). Berdasarkan hasil penelitian diatas disimpulkan bahwa pembelajaran menulis karangan eksposisi setelah menggunakan teknik Mind Mapping (rata-rata 85.14) lebih baik dibandingkan dengan menulis karangan eksposisi sebelum menggunakan teknik Mind Mapping (rata-rata 64.72). Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarkan uji-t thitung> ttabel (5,71 > 1,70).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:12
Last Modified: 14 Nov 2018 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19464

Actions (login required)

View Item View Item