Kontribusi Pemahaman Kosakata Bidang Lingkungan Hidup terhadap Keterampilan Menyimak BeritaSiswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang

Fahlevi, Muhammad Fadel (2016) Kontribusi Pemahaman Kosakata Bidang Lingkungan Hidup terhadap Keterampilan Menyimak BeritaSiswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MUHAMMAD_FADEL_FAHLEVI_1200870_4459_2016.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan pemahaman kosakata bidang lingkungan hidup siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Ketiga, menganalisis kontribusi pemahaman kosakata bidang lingkungan hidup terhadap keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemahaman kosakata bidang lingkungan hidup yang berupa pemahaman tentang sinonim, antonim, pilihan kata dan makna kata dan indikator penilaian pemahaman kosakata bidang lingkungan hidup. Selanjutnya, keterampilan menyimak berita , berupa hakikat menyimak, hakikat menyimak berita, dan indikator penilaian keterampilan menyimak berita. Teori berikutnya adalah kontribusi pemahaman kosakata bidang lingkungan hidup terhadap keterampilan menyimak berita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 222 orang yang tersebar dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 34 orang. Data penelitian ini berupa hasil tes objektif berbentuk pilihan ganda untuk tes pemahaman kosakata bidang lingkungan hidup dan untuk tes keterampilan menyimak berita. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes objektif, lembar observasi pedoman wawancara dan instrument penelitian. Data yang sudah terkumpul dianalisis sesuai indikator untuk mendapatkan skor dan nilai siswa. Berdasarkan temuan hasil penbelitian yang dilakukan peneliti, maka diambil tiga kesimpulan sebagai berikut. Pertama, pemahaman kosakata bidang lingkungan hidup siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi baik. Kedua, keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi baik . Ketiga, pemahaman kosakata bidang lingkungan hidup berkontribusi terhadap keterampilan menyimak berita. Semakin tinggi pemahaman kosakata maka semakin baik keterampilan menyimak berita. Sebaliknya, semakin rendah pemahaman kosakata maka semakin buruk keterampilan menyimak berita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:11
Last Modified: 14 Nov 2018 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19456

Actions (login required)

View Item View Item