Pengaruh Penggunaan Teknik Search Rewrite and Test (SRT) Berbasis Pendekatan Sentific Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang

ROVIKA, HARRIS RAHMAN (2016) Pengaruh Penggunaan Teknik Search Rewrite and Test (SRT) Berbasis Pendekatan Sentific Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_HARIS_RAHMAN_ROVIKA_57831_4757_2016.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang sebelum menggunakan teknik SRT. Kedua, mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII SMPN Negeri 12 Padang sesudah menggunakan teknik SRT. Ketiga, mendeskripsikan perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 padang sebelum dengan sesudah menggunakan teknik SRT Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang yang berjumlah 280 orang. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII.1 yang berjmlah 32 orang. Sumber data penelitian ini adalah teks ekposisi berupa tes objektif. Data penelitian ini adalah skor hasil tes kemampuan membaca pemahaman sebelum menggunakan teknik SRT dan sesudah menggunakan teknik SRT siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif dengan pilihan jawaban (A, B, C, dan D). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal sebagai berikut. Pertama, kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang menggunakan teknik SRT berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 79,20. Kedua, kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang sebelum menggunakan teknik SRT berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai ratarata 63,40. Ketiga, berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan teknik SRT terhadap kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang nilai thitung > ttabel yaitu thitung (3,34>1,68). Dengan kata lain, kemampuan membaca pemahaman teks ekposisi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang sesudah menggunakan teknik SRT lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik SRT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:11
Last Modified: 14 Nov 2018 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19453

Actions (login required)

View Item View Item