Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang

Ramadhani, Gusma Suci (2016) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_GUSMA_SUCI_RAMADHANI_1205197_4124_2016.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukanbertujuan untukmenjelaskan ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model problem based learning berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis teks cerpen, yang berupa pengertian menulis teks cerpen, struktur teks cerpen, ciri kebahasaan teks cerpen, langkah-langkah menulis teks cerpen, contoh teks cerpen, dan indikator penilaian keterampilan menulis teks cerpen. Selanjutnya, model problem based learning berbantuan media gambar berseri, berupa model problem based learning dan media gambar berseri. Teori berikutnya adalah penerapan model problem based learning berbantuan media gambar berseri dalam pembelajaran menulis teks cerpen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang yang terdaftar pada tahun 2015-2016 berjumlah 263 orang. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dengan menggunakan model problem based learning berbantuan media gambar berseridan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang menggunakanmetode konvensional. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks cerpen. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang menggunakan metode konvensional berada pada kualifikasi baik (76,94). Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang menggunakan model problem based learning berbantuan media gambar berseriberada pada kualifikasi baik (82,00). Ketiga, nilai rata-rata keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang menggunakan model problem based learning berbantuan media gambar berserilebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang menggunakan metode konvensional.Jadi, untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang dapat diterapkan model problem based learning berbantuan media gambar berseri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:11
Last Modified: 14 Nov 2018 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19451

Actions (login required)

View Item View Item