Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping

Fiona, Finda (2016) Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FINDA_FIONA_1205208_4051_2016.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping sebelum menggunakan teknik pemodelan. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping sesudah menggunakan teknik pemodelan. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh teknik pemodelan terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Rancangan penelitian ini one group pretest dan posttest. Populasi penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/1016 dengan jumlah 357 siswa yang tersebar dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas X.10 dengan jumlah 36 siswa. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, menulis cerita pendek. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping sebelum menggunakan teknik pemodelan berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 67,36. Kedua, keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping sesudah menggunakan teknik pemodelan berada pada kualifikafi Baik (B) dengan rata-rata 83,68. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa penggunaan teknik pemodelan berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping karena ttabel<thitung (1,68<10,32), sehingga H1 diterima. Dengan kata lain, teknik pemodelan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Sikaping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:07
Last Modified: 09 Nov 2018 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19449

Actions (login required)

View Item View Item