Hubungan Keterampilan Menyimak Berita dengan Keterampilan Menuliskan kembali Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Alung

Setiawati, Fenny Wulandari (2016) Hubungan Keterampilan Menyimak Berita dengan Keterampilan Menuliskan kembali Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Alung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FENNY_WULANDARI_SETIAWATI_1205177_4198_2016.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menyimak berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Alung. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menuliskan kembali berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Alung. Ketiga, menganalisis hubungan antara keterampilan menyimak berita dengan keterampilan menuliskan kembali berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Alung. Teori yang terkait dalam penelitian ini adalah: (1) keterampilan menuliskan kembali berita, (2) keterampilan menyimak berita, dan (3) hubungan keterampilan menyimak berita dengan keterampilan menuliskan kembali berita. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Alung yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 294 orang dan tersebar dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu keterampilan menyimak berita sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menuliskan kembali berita sebagai variabel (Y). Data berupa skor hasil tes keterampilan menyimak berita dan skor hasil tes keterampilan menuliskan kembali berita. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif yang digunakan untuk mengukur keterampilan menyimak berita dan tes unjuk kerja yang digunakan untuk mengukur keterampilan menuliskan kembali berita. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menyimak berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Alung berada pada kualifikasi baik sebesar 81,08. Kedua, keterampilan menuliskan kembali berita siswa secara keseluruhan sebesar 81,53 dan berada pada kualifikasi baik. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan menyimak berita dengan keterampilan menuliskan kembali berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Alung. Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menuliskan kembali berita berkorelasi secara positif dan signifikan dengan keterampilan menyimak berita pada taraf signifikansi 95% dan derajat kebebasa n-1 karena t table < t hitung (1,68<10,75). Jadi, disimpulkan bahwa apabila keterampilan menyimak berita siswa baik dipastikan keterampilan menuliskan kembali berita siswa akan baik. Dengan demikian diajukan implikasi penelitian bahwa pembelajaran keterampilan menuliskan kembali berita hendaknya didasarkan atas pembelajaran keterampilan menyimak berita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:06
Last Modified: 09 Nov 2018 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19448

Actions (login required)

View Item View Item