Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Adabiah Padang

Elvira, Elvira (2016) Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ELVIRA_1200908_4335_2016.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Adabiah Padang tanpa menggunakan model discovery learning. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Adabiah Padang dengan menggunakan model discovery learning. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Adabiah Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Rancangan penelitian ini adalah statis dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Adabiah Padang yang berjumlah 334 orang. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri atas dua kelas, yaitu tanpa menggunakan model discovery learning (kelas X.1) berjumlah 31 orang siswa, dan menggunakan model discovery learning (kelas X.2) berjumlah 30 orang siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Adabiah Padang tanpa menggunakan model discovery learning dan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Adabiah Padang dengan menggunakan model discovery learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Adabiah Padang tanpa menggunakan menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 63,26. Kedua, keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Adabiah Padang dengan menggunakan model discovery learning berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 78,52. Ketiga, penggunaan model discovery learning berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Adabiah Padang. Dengan kata lain, model discovery learning dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran menulis karangan argumentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:06
Last Modified: 09 Nov 2018 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19446

Actions (login required)

View Item View Item