Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMAN 1 Enam Lingkung Padang Pariaman

Ayudi, Asri Maida (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMAN 1 Enam Lingkung Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ASRI_MAIDA_AYUDI_1205135_4101_2016.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian, yaitu mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 1 Enam Lingkung Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Enam Lingkung Padang Pariaman yang terdaftar tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 300 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Data dalam penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Prosedur penelitian mencakup tiga tahap: tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian. Teknik pengumpulan data pretest, perlakuan dan postest. Uji persyaratan analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 57,78. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation siswa kelas X SMAN 1 Enam Lingkung Padang Pariaman berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 76,11. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif ( ) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan karena thitung>ttabel, yaitu 6,48 >1,67. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 1 Enam Lingkung sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 57,78. Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 1 Enam Lingkung sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 76,11. Ketiga, terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 1 Enam Lingkung Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:05
Last Modified: 09 Nov 2018 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19431

Actions (login required)

View Item View Item