Pembuatan Bibliografi Beranotasi Buku Kesenian Daerah Nusantara di Perpustakaan Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Sufi, Meilani (2016) Pembuatan Bibliografi Beranotasi Buku Kesenian Daerah Nusantara di Perpustakaan Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_MEILANI_SUFI_1307426_4508_2016.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Dalam makalah ini dibahas tentang bagaimana Pembuatan Bibliografi Beranotasi Buku Kesenian Daerah Nusantara di Perpustakaan Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Pembuatan bibliografi ini memiliki tujuan untuk mempermudah pemustaka dalam pencarian informasi mengenai buku kesenian daerah Nusantara yang dimiliki Perpustakaan Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik). Penulisan makalah ini menggunakan metode deskriptif yakni dengan teknik pengumpulan data melalui pengamatan langsung, dengan melihat keadaan fisik buku dan koleksi referensi yang dimiliki Perpustakaan Jurusan Sendratasik. Sebanyak 39 buah judul buku yang menjadi objek penelitian sesuai dengan judul yang diambil oleh penulis tentang koleksi buku Kesenian Nusantara. Sampel buku Kesenian Nusanatara yang dipilih akan disusun berdasarkan tahapan penyusunan bibliografi yang baik menggunakan format Assiciation pshycological of America (APA) dengan beberapa tahapan. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan tahapan pembuatan Bibliografi Beranotasi untuk koleksi Buku Kesenian daerah Nusantara ini adalah: pertama, penentuan judul dengan melihat (a) ketersediaan koleksi yang dimiliki, (b) keterpakaian koleksi, (c) informasi yang dimilki masih terjaga dengan baik. Kedua, pengumpulan bahan pustaka dengan mencatat nama pengarang, tahun terbit, judul, tempat terbit dan penerbit. Ketiga, seleksi bahan pustaka untuk menyeseuaikan antara judul bibliografi dengan bahan pustaka yang dikumpulkan. Keempat, pengelompokkan atau klasifikasi bahan pustaka. Kelima, pembuatan kata kunci. Keenam, penyusunan indeks. Ketujuh, pengetikan naskah dan Kedelapan pemeriksaan naskah akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:05
Last Modified: 09 Nov 2018 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19430

Actions (login required)

View Item View Item