Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari melalui Pemilihan Materi Tari Komikal pada Pengembangan Diri di SMP Negeri 16 Padang

Elyus, Reci (2016) Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari melalui Pemilihan Materi Tari Komikal pada Pengembangan Diri di SMP Negeri 16 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_RECI_ELYUS_1101164_2403_2016.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 16 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan tentang pemilihan materi tari komikal mampu meningkatkan minat siswa dalam kegiatan pengembangan diri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Instrument penelitian ini adalah penelitian sendiri dengan responden yaitu di SMP Negeri 16 Padang, data penelitian yang lain dikumpulkan dengan menggunakakn catatan lapangan, pengamatan yang diamati oleh teman sejawat. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan studi kepustakaan,observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan rumus persentase. Dari hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa sebelum guru mata pelajaran seni budaya menggunakan pemilihan materi tari yang tepat dalam proses pembelajaran siswa tampak acuh tak acuh dalam menerima gerak tari, ada yang permisi saat guru mendemonstrasikan gerak, bahkan ada yang tidak kembali lagi saat belajar. Setelah guru mata pelajaran seni budaya menggunakan materi tari komikal yang tepat dalam proses kegiatan pengembangan diri di SMP Negeri 16 Padang maka terjadilah peningkatan minat siswa terhadapa seni tari, hal ini dapat dilihat dari indikator minat (keinginan,perhatin dan partisipasi) setiap pertemuan. Pada saat jam pelajaran siswa mau melakukan gerak yang didemonstrasikan guru. Apabila mereka tidak mengerti, mereka berani menanyakan tentang kesulitan yang mereka temui kepada guru mata pelajaran dan yang permisi saat guru sedang mendemonstrasikan gerak sudah berkurang karena siswa disekolah ini sudah berminat. Hal ini terjadi dikarenakan guru memberikan gerak tari komikal yang mempunyai karakter gerak yang lucu dan mudah, Dan dapat terlihat dari pertemuan I sampai V indikator keinginan (34%), indikator perhatian (41%), dan indikator partisipasi (35%) siswa telah terjadi peningkatan, dalam hal ini pengamatan terhadap meningkatkan minat siswa terhadap seni tari komikal masuk kedalam kategori baik (66,7%)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:05
Last Modified: 09 Nov 2018 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19428

Actions (login required)

View Item View Item