Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa pada Pembelajaran Seni Musik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Kelas X.1 Di SMA N 1 Enok INHIL Riau

Erwanto, Erwanto (2016) Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa pada Pembelajaran Seni Musik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Kelas X.1 Di SMA N 1 Enok INHIL Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_ERWANTO_1106095_4431_2016.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kenyataan adanya sebagian besar siswa tidak berani tampil maju kedepan kelas sesuai tugas yang diberikan guru karena „tidak dikuasainya‟ materi pelajaran. Untuk meningkatkan penguasaan materi pelajaran dilakukan penerapan suatu model pembelajaran, dalam hal ini model jigsaw guna memungkinkan siswa untuk meningkatkan penguasaan materi pelajaran dan kepercayaan diri. Penelitian ini mengkaji apakah pembelajaran model jigsaw dapat meningkatkan penguasaan materi pelajaran dan kepercayaan diri siswa pada pembelajaran seni musik di kelas X.1 SMA N 1 Enok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran model jigsaw dapat meningkatkan penguasaan materi ajar dan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran seni musik di kelas X.1 di SMA Negeri 1 Enok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran guna meningkatkan kepercayaan diri siswa di kelas X.1 SMA N 1 Enok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model jigsaw dalam proses pembelajaran seni musik pada kelas X.1 SMA N 1 Enok dapat meningkatkan penguasaan materi pelajaran oleh siswa serta mampu meningkatkan kepercayaan diri. Penerapan model jigsaw dalam meningkatkan penguasaan materi pelajaran serta kepercayaan diri siswa pada materi ajar seni musik berhasil membuat siswa untuk tampil lebih baik saat mempresentasikan materi pelajaran didepan kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:02
Last Modified: 09 Nov 2018 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19394

Actions (login required)

View Item View Item