Penerapan Metode Demonstrasi dalam PraktikMemainkan Aransement Lagu Nusantara di Kelas VIII.6 di SMP N 3 di Kota Payakumbuh

Dwinanda, Erick (2016) Penerapan Metode Demonstrasi dalam PraktikMemainkan Aransement Lagu Nusantara di Kelas VIII.6 di SMP N 3 di Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_EPIK_DWINANDA_12403_2674_2015.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Dilatarbelakangi oleh Standar Kompetensi 12: Mengekspresikan diri melalui karya seni musik. Dengan Kompetensi Dasar 12.3 Menyajikan karya seni musik nusantara secara perorangan dan kelompok di kelas atau di sekolah. Tujuan yang ingin dicapai pada pembelajaran ini adalah 1. siswa dapat menyajikan lagu nusatara secara perorangan, 2 siswa dapat menyajikan karya seni music secara berkelompok di kelas atau di sekolah lagu nusantara di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan alokasi waktu 8 jam pelajaran dalam waktu 4 minggu. Keseluruhan siklus penelitian dilaksanakan melalui 2 siklus yaitu 4 kali pertemuan tatap muka. Instrumen penelitian ini menggunakan lembaran observasi aktifitas siswa. Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini terjadi peningkatan. Pada Siklus I pertemuan pertama dan kedua tedapat peningkatan dari 7 9,84 menjadi 81,15 siswa sudah mulai mengenal ketepatan nada dan tempo pada lagu , sedangkan pada Siklus kedua terdapat peningkatan nilai dari 81,31 menjadi 84,42 yang pada akhirnya siswa mulai berkspresi dengan menggunakan alat music pada lagu yang dinyanyikan. Jadi terdapat peningkatan nilai dari 79,84 menjadi 84,42

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:01
Last Modified: 09 Nov 2018 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19389

Actions (login required)

View Item View Item