Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Part pada Mata Pelajaran Seni Tari di Kelas VII-2 SMP Negeri 4 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat

Eltrianita, Eltrianita (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Part pada Mata Pelajaran Seni Tari di Kelas VII-2 SMP Negeri 4 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_ELTRIANITA_5259_2015.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode part pada mata pelajaran seni tari di kelas VII-2 SMP Negeri 4 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil belajar. Penelitian ini diambil dari dua Standar Kompetensi yaitu mengapresiasi karya seni tari dan mengekspresikan diri melalui karya seni tari, dan dua Kompetensi Dasar yaitu mengidentifikasi jenis tari berpasangan/kelompok daerah setempat dan memeragakan tari berpasangan/kelompok daerah setempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Adapun objek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII2 SMP Negeri 4 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini dilakukan pada semester genap pada bulan Mei sampai Juni 2015. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan guru Seni Budaya sebagai observer, instrumen penunjang berupa lembar pengamatan dan lembar tes hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni tari dengan menggunakan metode part yang berfokus pada perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar adalah, perencanaan yang dilakukan mengalami peningkatan dari siklus I 78,6 % menjadi 96,4% di siklus II. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan mengalami peningkatan dari 75% di siklus I menjadi 95,8% di siklus II, dengan perencanaan dan pelakasanaan yang dilakaukan menunjukkan hasil belajar siswa dengan rata-rata pada siklus I 72,3 dan pada siklus II meningkat menjadi 87, sehingga dengan menggunakan metode part hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:01
Last Modified: 09 Nov 2018 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19388

Actions (login required)

View Item View Item