Efektivitas Penggunaan Audio Visual dalam Pembelajaran Ansambel di SMP Negeri 24 Padang

Kurniawan, Edy (2015) Efektivitas Penggunaan Audio Visual dalam Pembelajaran Ansambel di SMP Negeri 24 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_EDY_KURNIAWAN_4972_2015.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini berawal pada pelaksanaan pembelajaran seni musik berdasarkan silabus kurikulum 2013, dimana ditemukan beberapa masalah yang timbul dalam pelaksanaannya yaitu guru melaksaksanakan pembelajaran yang tidak sesuainya dengan apa yang sudah dituntut berdasarkan silabus kurikulum 2013. Selain itu guru kurang mampu memaksimalkan penggunaan pendekatan, strategi, metode, teknik dan media pembelajaran sebagai suatu hal yang paling penting dalam pelaksanaan pembelajaran demi tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Rumusan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penggunaan audio visual dalam pembelajaran ansambel. Tujuan penilitian ini adalah mendeskripsikan tentang efektivitas penggunaan audio visual dalam pembelajaran ansambel di SMP Negeri 24 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan action research. Objek Penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas VII.I SMP Negeri 24 Padang. Dalam hal ini peneliti menyarankan kepada guru untuk memakai media audio visual sebagai salah satu strategi dalam penyampaian materi ajar musik ansambel. Sumber data dalam penelitian ini adalah proses dan hasil dari tindakan dari penerapan audio visual pada pembelajaran ansambel di SMP Negeri 24 Padang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa dengan penggunaan audio visual, siswa bisa langsung menyaksikan pertunjukkan ansambel, mengamati langsung teknik dalam bermain musik ritmis dan melodis. Hal ini sesuai dengan apa yang sudah dituntut berdasarkan silabus. Kemudian peneliti membuktikan dengan adanya penggunaan audio visual, hasil belajar siswa meningkat dimana sebelum penggunaan audio visual persentase ketuntasan siswa hanya mencapai 31,25% dengan nilai ratarata kelas 65, 625% dan setelah penggunaan audio visual persentase ketuntasan menaik menjadi 90,625% dengan nilai rata-rata kelas 77,343%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:00
Last Modified: 09 Nov 2018 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19377

Actions (login required)

View Item View Item