Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di SMP N 26 Padang: Suatu Studi Kasus

Yuhandi, Doni (2015) Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di SMP N 26 Padang: Suatu Studi Kasus. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_DONI_YUHANDI_54778_613_2015.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Seni Budaya (Musik) di SMP N 26 Padang: Suatu Studi Kasus. Penelitian ini digolongkan pada penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi, dan wawancara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Objek penelitian ini adalah pelajaran seni budaya bidang seni musik di kelas VIII 2. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari nada sumber yang didapat, a) pengamatan langsung pada proses belajar mengajar dengan topik seni musik, b) wawancara dengan guru mata pelajaran seni budaya. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan, yaitu: 1) guru dalam menentukan dan merumuskan tujuan pembelajaran serta penyenggaraan pembelajaran seni musik belum sepenuhnya memperhatikan RPP. Ini terbukti dari hasil observasi dan wawancara, guru belum mampu merumuskan tujuan pembelajaran dan mengambangkan dalam bentuk program pembelajaran. 2) materi yang dipilih dalam pembelajaran seni musik dianggap belum baik, karena materi yang diberikan belum sepenuhnya memotivasi siswa agar mengeluarkan bakat yang ada pada dirinya melalui pembelajaran seni musik. Ini berarti pemilihan materi hendaknya harus lebih bervariasi sehingga bisa membantu siswa dalam berkreativitas didalam kelas. 3) media yang digunakan guru dalam pembelajaran musik tergolong belum baik, sesuai dengan hasil penelitian, media yang digunakan dalam pembelajaran musik belum bisa memotivasi siswa untuk aktif, kreatif dan produktif. 4) metode yang digunakan guru dalam pembelajaran musik dapat dikatakan belum baik untuk menentukan ketercapaian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan evaluasi digunakan belum sepenuhnya memperhatikan tuntutan kurikulum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:00
Last Modified: 09 Nov 2018 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19373

Actions (login required)

View Item View Item